RSS

TIDAK PERLU PANIK

08 Mei

Bacaan: 1Petrus 4:12-19
NATS: Saudara-saudara yang terkasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu (1Petrus 4:12)

Saat melayani pendalaman Alkitab dalam suatu pelayaran di Kepulauan Karibia, saya mendengarkan pengarahan tentang tindakan penyelamatan yang biasa dilakukan di hari pertama. Tindakan pencegahan sangatlah penting untuk berjaga-jaga seandainya tiba-tiba kapal harus dievakuasi.

Pengarahan dari awak kapal ditutup dengan penjelasan sederhana tetapi sangat penting. Kombinasi khusus suara terompet udara, yang menandakan latihan, berbeda sekali dengan suara yang akan dibunyikan untuk menandakan situasi darurat yang sebenarnya. Perbedaan itu sangat penting. Latihan tak dirancang untuk mengadakan evakuasi. Jika para penumpang panik saat latihan, maka akan terjadi kekacauan.

Apabila kita tidak memahami situasi di sekitar kita, kita mudah guncang oleh kegelisahan hidup. Orang-orang yang hidup di zaman Petrus mengalami hal yang sama. Ia memberi peringatan sederhana: “Janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian” (1Petrus 4:12).

Pencobaan dan penderitaan hidup seolah-olah terdengar seperti panggilan untuk melakukan “evakuasi” — melarikan diri atau menghadapi hidup secara putus asa dan tidak bijak. Namun, lebih bijak jika kita lebih peka mendengar suara Tuhan. Pencobaan itu tidak akan menjadi lebih dari sekadar pengingat bahwa kita harus percaya kepada Allah semata, bukan kepada manusia. Kita dapat memercayai-Nya pada saat-saat seperti itu apabila tanda bahaya dalam hidup kita mulai berbunyi –WEC

Kita dapat mengandalkan kasih Sang Juru Selamat
Untuk berlindung dari badai kehidupan;
Aman dalam rengkuhan lengan-Nya yang kuat
Dia menyediakan tempat perlindungan. –Hess

TANTANGAN HIDUP TIDAK DIRANCANG
UNTUK MENGHANCURKAN KITA
TETAPI UNTUK MENDEKATKAN KITA KEPADA ALLAH

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 8, 2013 in RENUNGAN HARIAN KRISTEN

 

Komentar ditutup.