RSS

JAWABAN YANG BENAR

08 Mei

Bacaan: Matius 16:13-17
NATS: Jawab Simon Petrus, “Engkaulah Mesias, Anak Allah yang hidup!” (Matius 16:16)

Apabila Yesus mengajukan pertanyaan, bukan berarti Dia tidak mengetahui jawabannya. Yakinlah bahwa Dia sedang ingin menegaskan sesuatu.

Saat itu Yesus dan para murid-Nya sedang berada di Kaisarea Filipi, jauh dari kampung halaman mereka. Itu adalah tempat penyembahan berhala dan penuh dengan penindasan — sebuah tempat yang mengerikan baik secara politik maupun rohani. Di lingkungan ini, Yesus mengajukan dua pertanyaan penting mengenai persepsi akan jati diri-Nya. Dia tidak berniat mencari tahu tingkat popularitas-Nya. Dia ingin para murid-Nya merasa yakin tentang Pribadi yang mereka ikuti.

Budaya masa kini juga sama tak ramah dan sama menentangnya seperti ketika Yesus mengajukan pertanyaan ini pertama kalinya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?” (Matius 16:13). Pada zaman Yesus, orang-orang memiliki daftar panjang tentang konsep tak lengkap dan tak benar mengenai Yesus, mulai dari “sekadar guru yang baik” sampai “memecah-belah” dan “tidak punya toleransi”.

Pertanyaan yang diajukan sejak dulu sampai sekarang: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” (16:15). Petrus menyatakan dengan tegas, “Engkaulah Mesias, Anak Allah yang hidup!” (ayat 16). Yesus berkata bahwa pengakuan Petrus yang akurat adalah pengetahuan dari Allah dan ia diberkati karena pernyataannya itu (ayat 17).

Mari bergabung dengan Petrus untuk menyatakan bahwa Yesus adalah Juru Selamat Anda. Hidup Anda akan diteguhkan dan diberkati –JMS

Hari ini terimalah Dia yang sangat mengasihimu
Dia bersedia mati disalib untuk menebus dosamu;
Percayalah kepada-Nya dan bukalah pintu hatimu,
Persilakan masuk Juru Selamat yang mengasihimu. –Anon.

SETIAP ORANG YANG PERCAYA BAHWA YESUS ADALAH KRISTUS,
LAHIR DARI ALLAH (1YOHANES 5:1)

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 8, 2013 in RENUNGAN HARIAN KRISTEN

 

Komentar ditutup.