BIOGRAFI ANDA

Bacaan: 1Korintus 9:24-27
NATS: Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman (2Timotius 4:7)

Ketika D.L. Moody mulai beranjak tua, seseorang meminta izin untuk menuliskan biografinya. Namun, Moody menolak dan berkata, “Hidup seseorang tidak boleh ditulis selagi ia masih hidup. Karena yang terpenting ialah bagaimana ia mengakhiri perjalanannya, bukan bagaimana ia memulainya.”

Apa pun yang terjadi, ternyata saya gagal mengikuti petuah itu. Biografi saya telah diterbitkan. Meskipun demikian saya sepakat dengan Moody bahwa bagaimana seseorang menjalani akhir hidupnya, merupakan ujian penting bagi seorang murid sejati. Yang perlu terus kita lakukan adalah menjaga hubungan yang dekat dengan Sang Juru Selamat. Dengan demikian kita dapat yakin bahwa kita tidak saja akan masuk surga, tetapi juga memperoleh mahkota kemenangan (1Korintus 9:25).

Paulus sangat serius memikirkan tentang kemungkinan ia ditolak oleh Tuhannya (ayat 27). Ia adalah seorang beriman yang telah ditebus dan melayani Tuhan, tetapi ia sempat takut bahwa setelah diuji pelayanannya ternyata tidak lebih seperti kayu, rumput kering, atau jerami; dan bukan emas, perak, atau batu permata (1Korintus 3:12,13).

Bagaimanakah kira-kira penilaian yang akan Tuhan berikan atas hidup kita? Bila ada seseorang yang mencoba mengevaluasi kita, dapatkah ia mengatakan dengan jujur bahwa kita tetap berbuah, bahkan pada masa tua? (Mazmur 92:15). Apa pun panggilan hidup yang kita kejar, dengan pertolongan Roh Kudus kita akan tetap teguh, tidak goyah, dan selalu giat dalam pekerjaan Tuhan (1Korintus 15:58) –VCG

BAGI ORANG BEBAL, MASA TUA ADALAH MUSIM DINGIN;
BAGI MEREKA YANG BERPENGETAHUAN, ITU MASA PANEN — peribahasa Yahudi

Iklan