RSS

SEBUAH PERINGATAN

17 Mar

Bacaan: Ulangan 28:58-63
NATS: Seperti Tuhan bergirang karena kamu untuk berbuat baik kepadamu dan membuat kamu banyak, demikianlah Tuhan akan bergirang karena kamu untuk membinasakan dan memunahkan kamu (Ul. 28:63)

Istri saya membeli kartu ulang tahun yang berisi parafrasa ayat berikut ini: “Tuhan dengan senang hati telah melakukan banyak keajaiban untuk kamu” (Ul. 28:63, FAYH). Ayat itu tampaknya memang sangat indah sehingga ia ingin membaca bagian Alkitab tersebut lebih lanjut.

Ia mendapati bahwa ternyata kata-kata yang tercetak di kartu itu hanyalah sebagian dari sebuah kalimat ketika Allah memperingatkan umat-Nya tentang apa yang akan terjadi jika mereka berpaling dari-Nya dan tidak menaati perintah-Nya. Ayat itu selengkapnya berbunyi, “Tuhan dengan senang hati telah melakukan banyak keajaiban untuk kamu dan memperbanyak jumlahmu, demikian juga Tuhan dengan senang hati akan membinasakan kamu; dan kamu akan direnggut dari negerimu” (Ul. 28:63, FAYH).

Wah, benar-benar ucapan selamat ulang tahun yang aneh!

Pengalaman ini mengingatkan saya betapa mudahnya kita memilih frasa-frasa yang menyenangkan saja dari Alkitab, namun mengabaikan konteks dan artinya. Bacaan Alkitab hari ini merupakan sebuah peringatan Allah bagi umat-Nya. Kita perlu merenungkannya — sebuah ungkapan kepastian di alam rohani yang seteguh hukum gravitasi di alam fisik.

Alkitab penuh dengan kata-kata yang menguatkan dan yang memperingatkan. Kita perlu menghargai kedua jenis kata-kata itu karena pengajaran di dalamnya berguna bagi kehidupan kita bersama Kristus –DCM

Firman Tuhan menyediakan makanan
Yang diperlukan bagi pertumbuhan;
Hari demi hari memberi kekuatan
Mengajarkan apa yang kita butuhkan. –Sper

SEMAKIN DALAM KITA MERENUNGKAN KITAB SUCI
SEMAKIN DEKAT KITA BERJALAN DENGAN SANG JURU SELAMAT

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 17, 2013 in RENUNGAN HARIAN KRISTEN

 

Komentar ditutup.