SEBUAH PERINGATAN

Bacaan: Ulangan 28:58-63
NATS: Seperti Tuhan bergirang karena kamu untuk berbuat baik kepadamu dan membuat kamu banyak, demikianlah Tuhan akan bergirang karena kamu untuk membinasakan dan memunahkan kamu (Ul. 28:63)

Istri saya membeli kartu ulang tahun yang berisi parafrasa ayat berikut ini: “Tuhan dengan senang hati telah melakukan banyak keajaiban untuk kamu” (Ul. 28:63, FAYH). Ayat itu tampaknya memang sangat indah sehingga ia ingin membaca bagian Alkitab tersebut lebih lanjut.

Ia mendapati bahwa ternyata kata-kata yang tercetak di kartu itu hanyalah sebagian dari sebuah kalimat ketika Allah memperingatkan umat-Nya tentang apa yang akan terjadi jika mereka berpaling dari-Nya dan tidak menaati perintah-Nya. Ayat itu selengkapnya berbunyi, “Tuhan dengan senang hati telah melakukan banyak keajaiban untuk kamu dan memperbanyak jumlahmu, demikian juga Tuhan dengan senang hati akan membinasakan kamu; dan kamu akan direnggut dari negerimu” (Ul. 28:63, FAYH).

Wah, benar-benar ucapan selamat ulang tahun yang aneh!

Pengalaman ini mengingatkan saya betapa mudahnya kita memilih frasa-frasa yang menyenangkan saja dari Alkitab, namun mengabaikan konteks dan artinya. Bacaan Alkitab hari ini merupakan sebuah peringatan Allah bagi umat-Nya. Kita perlu merenungkannya — sebuah ungkapan kepastian di alam rohani yang seteguh hukum gravitasi di alam fisik.

Alkitab penuh dengan kata-kata yang menguatkan dan yang memperingatkan. Kita perlu menghargai kedua jenis kata-kata itu karena pengajaran di dalamnya berguna bagi kehidupan kita bersama Kristus –DCM

Firman Tuhan menyediakan makanan
Yang diperlukan bagi pertumbuhan;
Hari demi hari memberi kekuatan
Mengajarkan apa yang kita butuhkan. –Sper

SEMAKIN DALAM KITA MERENUNGKAN KITAB SUCI
SEMAKIN DEKAT KITA BERJALAN DENGAN SANG JURU SELAMAT

Iklan