RSS

Sosialisasi Politik, Partisipasi Politik, Penerimaan/pengrekrutan politik, dan Komunikasi Politik

30 Nov

Sosialisasi Politik adalah Proses, oleh pengaruh mana seorang individu biasa mengenali system politik, yang kemudian menentukan sifat persepsi-persepsinya mengenai system politik, mengenai politik serta reaksi-reaksinya terhadap gejala-gejala politik. Sosialisasi politik mencakup pemeriksaan mengenai lingkungan cultural, lingkungan politik, dan lingkungan social dari masyarakat individu yang bersangkutan; juga mempelajari sikap-sikap politik serta penilaiannya terhadap politik. Maka sosialisasi politik itu merupakan mata rantai paling penting di antara system social dengan system-sistem politik; namun satu system bias berbeda sekali dengan system yang lainnya. Dilihat dari satu segi pandang politik tertentu, sosialisasi politik adalah luar biasa pentingnya sebagai proses, dengan mana individu-individu, sampai pada kadar yang berbeda, bias terlibat dalam satu system politik, yaitu dalam partisipasi politik.

Partisipasi Politik adalah keterlibatan individu sampai pada bermacam-macam tingkatan di dalam system politik. Aktivitas politik itu bias bergerak dari ketidak terlibatan sampai dengan aktivitas jabatannya. Oleh karena partisipasi politik itu berbeda-beda pada satu masyarakat dengan masyarakat lainya, juga bias bervariasi di dalam masyarakat –masyarakat khusus, maka pentinglah bagi kita untuk mempelajari konsep-konsep mengenai apathy politik dan alienasi, serta peranan mereka dalam ketidak terlibatan dan keterlibatan mereka yang terbatas. Juga penting untuk di tekankan di sini, bahwa partisipasi itu juga dapat menumbuhkan motivasi untuk meningkatkan partisipasinbya, termasuk di dalamnya tingkatan paling atas dari partisipasi dalam bentuk pengadaan bermacam-macam tipe jabatan dan tercakup di dalamnbya proses perekrutan politik.

Perekrutan Politik adalah proses dengan makna individu-individu menjamin atau mendaftarkan diri untuk menduduki suatu jabatan. Perekrutan ini merupakan proses dua arah, dan sifatnya bisa formal, maupun tidak formal. Merupakan proses dua arah, karena individu-individunyamungkin mampu mendapatkan kesempatan, atau mungkin di dekati oleh orang lain dan kemudian bias menjabat posisi-posisi tertentu. Dengan cara yang sama, perekrutan itu bias di sebut formal, kalau para individu di rekrut dengan terbuka melalui cara institusional berupa seleksi ataupun pemilihan. Dan disebut sebagai informal apabila para individunya di rekrut dnegan secara prive (sendirian) tanpa melalui atau sedikit sekali melalui cara institusional tadi. Peristiwa sedemikian ini juga mencakup beberapa pertimbangan apakah mereka mengendalikan jabatan tadi bias dengan tegas merupakan kelompok politik tertentu atau merupakan kelompok elit.

Komunikasi Politik adalah proses dimana informasi politik yang relevan di teruskan dari satu bagian system politik kepada bagian lainnya, dan diantara system-sistem social dengan system-sistem politik. Kejadian tersebut merupakan proses yang berkesinambungan, melibatkan pula pertukaran informasi diantara individu-individu dengan kelompok-kelompoknya pada semua tingkat masyarakat. Lagi pula tidak hanya mencakup penampilan pandangan-pandangan serta harapan-harapan para anggota masyarakat, tetapi juga merupakan sarana dengan mana pandangan-pandangan dan janji serta saran-saran para penguasa. Maka komunikasi politik itu memainkan peranan yang sangat penting sekali didalam system politik : komunikasi politik ini menentukan elemen dinamis, dan menjadi bagian menentukan dari sosilisasi politik, partai politik, dan pengrekrutan politik.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 30, 2009 in MATERI-MATERI

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , ,

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: