RSS

Mengemban Amanat Butuh Pengabdian Yang Tulus

18 Nov
Sebagai aparatur pemerintahan dewasa ini, tugas yang kita emban tidaklah ringan. Bukan hanya sekedar menjalankan rincian uraian tugas pokok dan berbagai proyek yang ditetapkan, namun sasaran yang diinginkan adalah berjalannya pembangunan dan munculnya kepuasan masyarakat.

Kerelaan hati dalam pengabdian kepada bangsa dan negara yang dilandasi oleh semangat reformasi, sudah menjadi keharusan dan telah mewarnai pendayagunaan aparatur negara dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Konsep Good Governence (kepemerintahan yang baik) menuntut aparatur pemerintahan agar lebih konsisten dengan amanah pelayanan masyarakat yang di embannya. Aspirasi yang berkembang dan mengakar dari sendi-sendi kehidupan masyarakat sebenarnya merupakan tugas seorang aparatur pemerintahan. Ini harus segera disikapi dan menjadi perhatian khusus dalam peningkatan kinerja aparatur.

Proses penyelenggaraan pemerintahan dalam melaksanakan penyediaan public goods and services yang kita kenal dengan governence (pemerintahan atau kepemerintahan) dalam praktek terbaiknya disebut Good Governence (Kepemerintahan yang baik). Pertanyaan yang sering muncul dan menjelma menjadi uraian tanggungjawab aparatur pemerintah adalah seberapa jauh kita sebagai aparatur mampu menginterpretasikan serta memahami tugas dan tanggungjawab kita. Hal ini terpulang dari kesiapan diri kita untuk menjawab tantangan kerja. Pada kondisi apapun, terselenggaranya Good Governence merupakan prasyarat utama untuk mewujudkan aspirasi masyarakat dalam meraih kesejahteraan sosial.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 18, 2009 in MATERI-MATERI

 

Tag: , , , , , ,

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s